PASAR MODAL
YAITU SUATU TEMPAT
BERTEMUNYA PARA PENJUAL DAN PEMBELI UNTUK MELAKUKAN TRANSAKSI DALAM RANGKA
MEMPEROLEH MODAL.
PENJUAL = EMITEN
PEMBELI = INVESTOR
MENGANALISA
MODAL JANGKA PANJANG
INSTRUMEN PASAR MODAL
= BARANG YANG DIPERJUAL
BELIKAN DI PASAR MODAL.
JENIS INSTRUMEN PASAR MODAL :
1.
SAHAM
(STOCKS)
= SURAT BERHARGA YANG BERSIFAT KEPEMILIKAN.
PEMILIK SAHAM MERUPAKAN PEMILIK PSH ----- KEUNTUNGAN
JENIS-JENIS SAHAM :
A. DARI
SEGI CARA PERALIHAN
-
SAHAM ATAS UNJUK (BEARER STOCK),
MERUPAKAN SAHAM YANG TIDAK MEMPUNYAI NAMA ATAU TIDAK TERTULIS NAMA PEMILIK
DALAM SAHAM TERSEBUT
-
SAHAM ATAS NAMA (REGISTERED STOCKS),
DIDALAM SAHAM TERTULIS NAMA PEMILIK SAHAM TERSEBUT.
B. DARI
SEGI HAK TAGIH
-
SAHAM PREFEREN (PREFERED STOCKS),
MERUPAKAN SAHAM YNAG MEMPEROLEH HAK UTAMA DALAM DEVIDEN DAN HARTA APBL PSH
DILIKUIDASI
-
SAHAM BIASA (COMMON STOCKS),
MERUPAKAN SAHAM YANG TIDAK MEMPEROLEH HAK UTAMA DALAM DEVIDEN DA HARTA APABILA
PSH DILIKUIDASI.
2.
OBLIGASI
(BONDS)
MERUPAKAN
INSTRUMEN HUTANG BAGI PSH YANG AKAN MEMPEROLEH MODAL. TIDAK MEMPUNYAI HAK
TERHADAP MANAJEMEN PERUSAHAAN.
JENIS-JENIS OBLIGASI :
A. DITINJAU
DARI SEGI HAK TAGIH
-
OBLIGASI ATAS UNJUK (BEARER BONDS)
-
OBLIGASI ATAS NAMA (REGISTERED BONDS)
B. DITINJAU
DARI SEGI JAMINAN YANG DIBERIKAN ATAU HAK KLAIM
-
OBLIGASI DENGAN JAMINAN (SECURED
BONDS), MERUPAKAN OBLIGASI YANG DIJAMIN DENGAN JAMINAN TERTENTU A.L. OBLIGAASI
DENGAN JAMINAN HARTA, DENGAN JAMINAN PERALATAN, DLL.
-
OBLIGASI TANPA JAMINAN (UNSECURED
BONDS), HANYA BERBENTUK KEPERCAYAAN ------ PEMERINTAH
C. DITINJAU
DARI SEGI CARA PENETAPAN DAN PEMBAYARAN BUNGA DAN POKOK
-
OBLIGASI DENGAN BUNGA TETAP
-
OBLIGASI DENGAN BUNGA TIDAK TETAP
-
OBLIGASI TANPA BUNGA
D. DITINJAU
DARI SEGI PENERBIT
-
PEMERINTAH
-
SWASTA
E. DITINJAU
DARI SEGI JATUH TEMPO
-
JANGKA PENDEK
-
JANGKA MENENGAH
-
JANGKA PANJANG
-
PEMAIN UTAMA
-
LEMBAGA PENUNJAN
PEMAIN UTAMA :
1. EMITEN
PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN
PENJUALAN SURAT2 BERHARGA ATAU MELAKUKAN EMISI DI BURSA ------ PILIH 2 INSTRUMEN PASAR MODAL.
TUJUAN MELAKUKAN EMISI :
A. UNTUK
PERLUASAN USAHA, DENGAN MODAL YANG DIPEROLEH DIGUNAKAN UNTUK MEMPERLUAS BIDANG
USAHA, PERLUASAN PASAR ATAU KAPASITAS PRODUKSI
B. UNTUK
MEMPERBAIKI STRUKTUR MODAL, BERTUJUAN UNTUK MENYEIMBANGKAN ANTARA MODAL SENDIRI
DENGAN MODAL ASING
C. UNTUK
MENGADAKAN PENGALIHAN PEMEGANG SAHAM----- DARI PEMEGANG SAHAM LAMA KE PEMEGANG
SAHAM BARU
2. INVESTOR
PEMODAL/INVESTOR AKAN
MENANAMKAN MODALNYA DI PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN EMISI
TUJUAN UTAMA PARA INVESTOR
DALAM PASAR MODAL :
A. MEMPEROLEH
DEVIDEN
B. KEPEMILIKAN
PERUSAHAAN
C. BERDAGANG
LEMBAGA PENUNJANG
A.
PENJAMIN
EMISI (UNDERWRITER)
MERUPAKAN LEMBAGA YANG
MENJAMIN TERJUALNYA SAHAM ATAU OBLIGASI SAMPAI BATAS WAKTU TERTENTU.
PENJAMIN EMISI DIBAGI KE
DALAM BEBERAPA JENIS, A.L. :
-
FULL COMMITMENT (KESANGGUPAN PENUH),
PENJAMIN EMISI MENGAMBIL SELURUH RESIKO TIDAK TERJUALNYA SAHAM ATAU OBLIGASI
PADA BATAS WAKTU YANG TELAH DITENTUKAN SESUAI DENGAN HARGA PENAWARAN DI PASAR
-
BEST EFFORT COMMITMENT (KESANGGUPAN
TERBAIK), PENJAMIN EMISI BERUSAHA UNTUK MENJUAL SAHAM ATAU OBLIGASI, APABILA
TIDAK LAKU DIKEMBALIKAN KEPADA EMITEN
-
STANDBY COMMITMENT (KESANGGUPAN
SIAGA), APABILA SAHAM/OBLIGASI TIDAK LAKU MAKA PENJAMIN EMISI BERSEDIA MEMBELI
DENGAN KETENTUAN HARGA YANG DIBELI DIBAWAH HARGA PENAWARAN DI PASAR
B. PERANTARA PERDAGANGAN EFEK
(BROKER/PIALANG), MENJADI PERANTARA DALAM JUAL BELI EFEK, YAITU ANTARA PENJUAL
(EMITEN) DAN PEMBELI (INVESTOR)
C.
PERDAGANGAN
EFEK (DEALER)
-
PEDAGANG DALAM JUAL BELI EFEK
-
PERANTARA DALAM JUAL BELI EFEK
D. PENANGGUNG (GUARANTOR), ADALAH PIHAK YANG
MENANGGUNG PEMBAYARAN KEMBALI JUMLAH POKOK + BUNGA OBLIGASI DALAM HAL EMITEN
TIDAK MEMENUI JANJI KEPADA INVESTOR
E. WALI AMANAT (TRUSTEE), DIPERLUKAN PADA EMISI
OBLIGASI KARENA WALI AMANAT AKAN BERTINDAK SEBAGAI PIHAK YANG DIPERCAYA UNTUK
MEWAKILI KEPENTINGAN PARA INVESTOR----FEE
-
MENILAI KAKAYAAN EMITEN
-
PENGAWASAN PERKEMBANGAN EMITEN
-
MEMONITOR PEMBAYARAN BUNGA + POKOK,
DLL
F. PERUSAHAAN SURAT
BERHARGA (SECURITIES COMPANY), PERUSAHAAN YANG MENGKHUSUSKAN DIRI DALAM PERDAGANGAN
SURAT2 BERHARGA YANG TERCATAT DI BURSA
EFEK. KEGIATAN PERUSAHAAN SURAT
BERHARGA, MELIPUTI :
-
SEBAGAI PEDAGANG EFEK
-
PENJAMIN EMISI
-
PERANTARA PERDAGANGAN EFEK
-
PENGELOLA DANA
G. PERUSAHAAN PENGELOLA DANA (INVESTMENT
COMPANY), YAITU PERUSAHAAN YANG KEGIATANNYA MENGELOLA
SURAT2 BERHARGA YANG AKAN MENGUNTUNGKAN SESUAI DENGAN KEINGINAN INVESTOR
H. KANTOR ADMINISTRASI EFEK, MERUPAKAN KANTOR YANG
MEMBANTU PARA EMITEN DAN INVESTOR DALAM RANGKA
MEMPERLANCAR ADMINISTRASINYA :
-
MELAKSANAKAN KEGIATAN MENYIMPAN DAN
MENGALIHKAN HAK ATAS SAHAM PARA INVESTOR
-
MEMBANTU MENYUSUN DAFTAR PEMEGANG
SAHAM
-
MEMBANTU MENYUSUN DAFTAR PEMEGANG
SAHAM
-
MEMPERSIAPKAN KORESPONDEN EMITEN
KEPADA PARA PEMEGANG SAHAM
-
MEMBUAT LAPORAN-LAPORAN YANG
DIPERLUKAN
LEMBAGA YANG TERLIBAT DI PASAR MODAL
LEMBAGA –LEMBAGA YANG
BERKECIMPUNG DI PASAR MODAL TERDIRI DARI BERBAGAI PERUSAHAAN YANG SALING
MEMBUTUHKAN. LEMBAGA2 INI YANG MENGATUR MEKANISME KERJA PASAR MODAL SEHINGGA
DAPAT BERJALAN SECARA BAIK. LEMBAGA TSB TERDIRI DARI LEMBAGA PEMERINTAH DAN
LEMBAGA SWASTA DI MANA JASA MASING2 LEMBAGA MEMPUNYAI PERANAN MASING2 MULAI
DARI PERUSAHAAN YANG AKAN GO PUBLIK SAMPAI SELESAI GO PUBLIK.
LEMBAGA
TERKAIT DENGAN PASAR MODAL TERDIRI DARI LEMBAGA PEMERINTAH DAN LEMBAGA SWASTA,
YAITU :
1. LEMBAGA-LEMBAGA PEMERINTAH
MERUPAKAN LEMBAGA ATAU BADAN PEMERINTAH YANG DITUGASKAN
UNTUK MENDUKUNG DAN MEMPERLANCAR PROSES PERDAGANGAN EFEK DI PASAR MODAL MULAI
DARI RENCANA EMISI SAMPAI KEPADA PENJUALAN EFEKNYA. LEMBAGA2 PEMERINTAH YANG
TERKAIT DENGAN KEGIATAN DI PASAR MODAL TERSEBUT ADALAH :
A.
BADAN
PENGAWAS PASAR MODAL (BAPEPAM)
MERUPAKAN LEMBAGA PENGATUR
PASAR MODAL YANG BERTUGAS MENGATUR DAN MELAKSANAKAN PASAR MODAL DI INDONESIA .
TUGAS BAPEPAM SEBAGAI PENGATUR PASAR MODAL ANTARA LAIN :
-
MEMBINA PASAR MODAL
-
MENGATUR PASAR MODAL
-
MENGAWASI KEGIATAN-KEGIATAN YANG
TERLIBAT DI PASAR MODAL.
B.
BADAN
KOORDINASI PENANAMAN MODAL (BKPM)
SETIAP PERUSAHAAN YANG
AKAN MENANAMKAN MODALNYA DI INDONESIA
BAIK PMDN MAUPUN PMA HARUS MEMPEROLEH IJIN DARI BKPM TERLEBIH DULU. IJIN AKAN
DIBERIKAN BKPM SETELAH MEMENUHI BERBAGAI PERSYARATAN YANG DITETAPKAN BAGI
PERUSAHAAN YANG AKAN MELAKUKAN GO PUBLIK. IJIN PENANAMAN MODAL HARUS
DIKELUARKAN OLEH BKPM YANG MEMUAT ANTARA LAIN :
-
KOMPOSISI DAN JUMLAH DANA INVESTASI
-
BESARNYA MODAL DASAR PERUSAHAAN
-
BATAS WAKTU PENYETORAN MODAL
-
KOMPOSISI PEMEGANG SAHAM
C.
DEPARTEMEN
TEKNIS
SETIAP BIDANG USAHA
IJINNYA AKAN DIKELUARKAN OLEH DEPARTEMEN YANG MEMBAWAHINYA. SEBAGAI CONTOH
UNTUK USAHA PERTAMBANGAN, MAKA IJIN USAHANYA HARUS DIKELUARKAN OLEH DEPARTEMEN
PERTAMBANGAN DAN ENERGI. ADAPUN IJIN USAHA YANG DIKELUARKAN OLEH DEPARTEMEN
UNTUK BIDANG USAHANYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
-
IJIN USAHA BIDANG KEUANGAN DAN PERBANKAN
DARI DEPARTEMEN KEUANGAN MELALUI BANK INDONESIA
-
IJIN USAHA BIDANG PENGANGKUTAN DARI
DEPARTEMEN PERHUBUNGAN
-
IJIN USAHA BIDANG PERDAGANGAN DARI
DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
-
IJIN USAHA BIDANG PERKEBUNAN DAN
PETERNAHAN DARI DEPARTEMEN PERTANIAN
-
IJIN USAHA BIDANG PARIWISATA DARI
DEPARTEMEN POS DAN TELEKOMUNIKASI
D. DEPARTEMEN
KEHAKIMAN
BAGI PERUSAHAAN YANG
BERBENTUK PERSEROAN TERBATAS, SEBELUM DIDIRIKAN MAKA ANGGARAN DASAR PERUSAHAAN
TERLEBIH DULU HARUS DISAHKAN OLEH DEPARTEMEN KEHAKIMAN. ANGGARAN DASAR INI
SEBELUMNYA DIBUAT DI DEPAN NOTARIS KEMUDIAN DIDAFTARKAN DI PENGADILAN NEGERI
SETEMPAT UNTUK KEMUDIAN DISAHKAN OLEH DEPARTEMEN KEHAKIMAN DAN DIBERITAKAN
DALAM LEMBARAN BERITA NEGARA.
ADAPUN TUGAS DEPARTEMEN KEHAKIMAN ADALAH :
A.
MENGESAHKAN
ANGGARAN DASAR PERUSAHAAN DENGAN MEMPERHATIKAN HAL-HAL YANG MENYANGKUT SBB :
-
JUMLAH MODAL DAN KOMPOSISINYA
-
JUMLAH MODAL YANG TELAH DISETOR
-
SUSUNAN DEWAN DIREKSI
-
JUMLAH DEWAN KOMISARIS DAN WEWENANG
MASING-MASING
-
PELAKSANAAN RUPS
B.
SETIAP PERUBAHAN
ANGGARAN DASAR HARUS DIKETAHUI DAN DISETUJUI OLEH DEPARTEMEN KEHAKIMAN
2. LEMBAGA-LEMBAGA SWATA
LEMBAGA SWASTA YANG
MEMPUNYAI KAITAN ERAT DENGAN PASAR MODAL ANTARA LAIN :
A.
NOTARIS
RENCANA UNTUK MENJUAL
SAHAM ATAU OBLIGASI DI PASAR MODAL TERLEBIH DULU DIBICARAKAN DAN DISETUJUI
DALAM RUPS. DALAM RUPS HARUS DICATAT DAN AGAR PENCATATANNYA DIANGGAP SAH MAKA
DIPERLUKAN JASA NOTARIS UNTUK MENGESAHKAN ACARA RUPS. CATATAN2 YANG PERLU
DISAHKAN OLEH NOTARIS ANTARA LAIN :
-
MEMBUAT BERITA ACARA RUPS
-
MENYUSUN SETIAP KEPUTUSAN DALAM RUPS
-
MENELITI KEABSAHAN YANG BERKAITAN
DENGAN PENYELENGGARAAN RUPS SEPERTI KEABSAHAN PERSIAPAN RUPS, KEABSAHAN PARA PEMEGANG SAHAM
-
MENELITI PERUBAHAN ANGGARAN
B.
AKUNTAN
PUBLIK
PERANAN AKUNTAN PUBLIK
DIBUTUHKAN UNTUK MELAKUKAN PENILAIAN DAN MENENTUKAN KELAYAKAN DARI LAPORAN
KEUANGAN SEPERTI NERACA, LAPORAN RUGI /LABA DAN LAPORAN PERUBAHAN MODAL EMITEN.
SETELAH
MELALUI BEBERAPA PENILAIAN TERHADAP LAPORAN KEUANGAN EMITEN, MAKA AKUNTAN
PUBLIK AKAN MENGELUARKAN PERNYATAAN ATAU PENDAPAT TERHADAP HASIL PENILAIAN YANG
TELAH DILAKUKANNYA. PENDAPAT YANG
DIKELUARKAN OLEH AKUNTAN PUBLIK ADALAH :
1. WAJAR
TANPA SYARAT (UNQUALIFIED OPINION),
PENDAPAT INI DIKELUARKAN APABILA LAPORAN KEUANGAN DISUSUN SESUAI DENGAN
PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI INDONESIA (PAI) TANPA ADA SESUATU CATATAN ATAU KEKURANGAN
2. PENDAPAT
KUALIFIKASI (QUALIFIED OPINION),
PENDAPAT WAJAR DENGAN KUALIFIKASI ATAS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN TERSEBUT
DIKARENAKAN TIDAK SESUAI DENGAN PAI.
3. PENDAPAT
TIDAK SETUJU (ADVERSE), TIDAK SETUJU
ATAS PENYUSUSNAN LAPORAN KEUANGAN YANG
TELAH DISUSUN
4. MENOLAK
(DECLINE OF OPINION), MENOLAK
MEMBERIKAN PENDAPAT SECARA PROFESIONAL
C.
KONSULTAN
HUKUM
KONSULTAN HUKUM BERTUGAS
MEMBERIKAN PERNYATAAN2 TENTANG KEABSAHAN DARI DOKUMEN2 YANG DIAJUKAN. TUGAS PARA KONSULTAN HUKUM ADALAH MENELITI SECARA SUNGGUH2
DOKUMEN2 YANG DIPERSYARATKAN.
HAL YANG PERLU
MENDAPAT PENELITIAN DAN PERNYATAAN DARI KONSULTAN HUKUM HARUSLAH MELIPUTI :
-
AKTE PENDIRIAN DAN ANGGARAN
PERUSAHAAN BESERTA PERUBAHANNYA JIKA ADA
-
PENYERTAAN MODAL OLEH PEMEGANG SAHAM
SEBELUM GO PUBLIK
-
PENILAIAN IJIN USAHA
-
STATUS KEPEMILIKAN DARI AKTIVA
PERUSAHAAN
-
PERJANJIAN YANG TELAH DIBUAT DENGAN
PIHAK KETIGA JIKA ADA
-
KEMUNGKINAN ADA GUGATAN ATAU TUNTUTAN
D. PENILAI (APPRAISER)
UNTUK MENILAI KEWAJARAN DARI NILAI SUATU AKTIVA SEPERTI TANAH, MESIN2,
GEDUNG, MOBIL DAN AKTIVA LAINNYA DIPERLUKAN JASA PENILAI YANG PROFESIONAL.
PENILAI AKAN MENILAI BERAPA NILAI YANG WAJAR SEKARANG INI DAN SETELAH DILAKUKAN
REVALUASI SEHINGGA SELURUH NILAI AKTIVA DAPAT DIKETAHUI SECARA JELAS DAN BENAR.
E. KONSULTAN EFEK
KONSULTAN EFEK BERTUGAS
MEMBERIKAN PENDAPAT TENTANG KEUANGAN DAN
MANAJEMEN EMITEN. KONSULTAN EFEK AKAN
MEMBERIKAN KONSULTASI TENTANG :
-
JENIS DANA YANG DIPERLUKAN
-
PEMILIHAN SUMBER DANA YANG DIINGINKAN
-
STRUKTUR PERMODALAN YANG TEPAT
PROSEDUR EMISI
BAGI PERUSAHAAN YANG AKAN
MELAKUKAN EMISI BAIK SAHAM MAUPUN OBLIGASI DI PASAR MODAL HARUS MEMENUHI
PERSAYARATAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU YANG TELAH DITETAPKAN DI PASAR MODAL.
MULAI DARI PERSYARTAN EMISI SAMPAI KE TANGAN INVESTOR. KEMUDIAN DILANJUTKAN
DENGAN PENJUALAN DAN PEMBELIAN SAHAM DAN OBLIGASI DI PASAR PERDANA (PRIMER)
SAMPAI DI PASAR SEKUNDER.
ADAPUN
PROSEDUR DAN TAHAPAN EMISI ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
1.
TAHAPAN
EMISI
A.
TAHAP
PERSIAPAN
TAHAP PERTAMA
BAGI PERUSAHAAN YANG AKAN MENCARI MODAL DI PASAR MODAL ADALAH MELAKUKAN RUPS.
DI DALAM RUPS YANG DIHADIRI OLEH PARA PEMEGANG
SAHAM AKAN DIBICARAKAN ANTARA LAIN :
-
TUJUAN MENCARI MODAL DI PASAR MODAL
-
JENIS MODAL YANG DIINGINKAN
-
JUMLAH MODAL YANG DIBUTUHKAN
-
DAN LAIN-LAIN YANG BERKAITAN DENGAN
EMISI
B. PENYAMPAIAN LETTER
OF INTENT
HASIL RAPAT YANG TELAH
DISETUJUI DALAM RUPS DITUANGKAN DALAM SURAT .
KEMUDIAN DIAJUKAN KE BAPEPAM SEBAGAI WUJUD AKAN MENERBITKAN EFEK DI PASAR MODAL
PENYAMPAIAN LETTER OF INTENT MELIPUTI :
-
PERNYATAAN UNTUK EMISI
-
JENIS EFEK
-
NOMINAL EFEK
-
WAKTU EMISI
-
TUJUAN DAN PENGGUNAAAN DANA EMISI
-
DATA-DATA MENGENAI PERUSAHAAN
-
NAMA DAN ALAMAT BANK YANG MENJADI
RELASI, NOTARIS, AKUNTAN DAN PENASEHAT HUKUM
C. PENYAMPAIAN PERNNYATAAN PENDAFTARAN
LANGKAH SELANJUTNYA
SETELAH PENYAMPAIAN LETTER OF INTENT ADALAH PENYAMPAIAN PERNYATAAN PENDAFTARAN
YANG MEMUAT INFORMASI2 ANTARA LAIN :
- DATA TENTANG MANAJEMEN
DAN KOMISARIS
- DATA TENTANG STRUKTUR
MODAL
- KEGIATAN USAHA EMITEN
- RENCANA EMISI
- PENJAMIN PELAKSANA EMISI
D. EVALUASI OLEH BAPEPAM
APABILA SELURUH DOKUMEN
YANG DIPERSYARATKAN TELAH DIPENUHI MAKA BAPEPAM AKAN MELAKUKAN EVALUASI
TERHADAP DOKUMEN2 YANG TELAH DISAMPAIKAN. EVALUASI OLEH BAPEPAM MELIPUTI
KELENGKAPAN DOKUMEN. KELENGKAPAN DOKUMEN HARUS ADA DAN DIKATAKAN LENGKAP ANTARA LAIN
MELIPUTI :
-
PERNYATAAN PENDAFTARAN
-
ANGGARAN DASAR PERUSAHAAN
-
LAPORAN KEUANGAN
-
JENIS SURAT PERJANJIANYANG TELAH DIBUAT DENGAN
PENJAMIN EMISI , DEALER, WALI AMANAT, PENANGGUNG DAN PERJANJIAN LAINNYA
-
SURAT PENDAPAT DARI SEGI HUKUM
-
LAPORAN DARI PERUSAHAAN PENILAI
-
JADWAL WAKTU EMISI DARI PENJAMIN EMISI
-
LAPORAN HASIL EVALUASI YANG
DILAKSANAKAN OLEH PENJAMIN EMISI
-
SURAT PERNYATAAN DARI AKUNTAN (COMFORT LETTER)
-
SURAT PERNYATAAN DARI MANAJEMEN
-
DRAFT PROSPEKTUS
PENELAAHAN DOOKUMEN ANTARA
LAIN :
-
TERHDAP LAPORAN KEUANGAN
-
TERHADAP COMFORT LETTER
-
TERHADAP SELURUH BENTUK DAN ISI
DOKUMEN LAINNYA
KHUSUS UNTUK
PROSPEKTUS PENELAAHAN HARUS MELIPUTI KELENGKAPAN INFORMASI YANG AKAN DIBERIKAN
KEPADA MASYARAKAT UMUM. INFORMASI YANG HARUS ADA DI DALAMNYA ANTARA LAIN :
-
PENJELASAN UMUM MENGENAI PENAWARAN
SAHAM ATAU OBLIGASI
-
TUJUAN PENAWARAN UMUM
-
RENCANA PENGGUNAAN DANA
-
SEJARAH PERUSAHAAN
-
USAHA2 PERUSAHAAN
-
PROSPEK USAHA
-
FAKTOR2 RESIKO USAHA
-
IKHTISAR KEUANGAN PERUSAHAAN
-
STRUKTUR PERMODALAN
-
KEBIJAKAN DEVIDEN
-
PENGURUS DAN PENGAWAS
-
PANJAMIN EMISI
-
LEMBAGA2 PENUNJANG
-
LAPORAN DARI PARA
PENILAI
-
PENDAPAT DARI SEGI HUKUM
-
LAPORAN AKUNTAN PUBLIK
-
ANGGARAN DASAR PERSEROAN
-
PERSYARATAN PEMESANAN
-
MASALAH PERPAJAKAN
-
PENYEBARLUASAN PROSPEKTUS
-
FORMULIR PEMESANAN
JIKA SUDAH MEMENUHI
PERSYARATAN MAKA DIAJUKAN KE LANGKAH SELANJUTNYA, NAMUN APABILA BELUM MAKA
DIMINTA UNTUK MELENGKAPINYA ATAU DAPAT PULA DITOLAK APABILA TIDAK SESUAI DENGAN
PERATURAN YANG BERLAKU
E. DENGAR PENDAPAT TERBUKA
SETELAH SEMUA PERSYARATAN
DILENGKAPI OLEH PERUSAHAAN YANG AKAN MELAKUKAN EMISI MAKA LANGKAH SELANJUTNYA
ADALAH MENGADAKAN DEBAT TERBUKA. DEBAT TERBUKA DIIKUTI OLEH :
-
BAPEPAM
-
PERUSAHAAN YANG BERSANGKUTAN
-
SERTA LEMBAGA2 TERKAIT LAINNYA
TUJUAN DEBAT TERBUKA
ADALAH UNTUK MEDAPATKAN INFORMASI LANGSUNG DARI PIHAK YANG AKAN MELAKUKAN
EMISI.
2.
PERSYARATAN
EMISI
IJIN REGISTRASI DAN
LISTING DIBERIKAN OLEH BAPEPAM SETELAH SETELAH MEMENUHI PERSYARATAN YANG TELAH
DITETAPKAN SEBELUMNYA. SETELAH REGISTRASI DI BAPEPAM, EMITEN HARUS LISTING DI BURSA PALING LAMBAT 90
HARI SETELAH IJINREGISTRASI DIKELUARKAN
F. PASAR PERDANA (PRIMARY
MARKET)
PENAWARAN EFEK SETELAH
PEMBERIAN IJIN EMISI SAMPAI DENGAN PENCATATAN DI BURSA DISEBUT [ASAR PERDANA (PRIMARY MARKET)
PENAWARAN EFEK DI PASAR PERDANA MEMILIKI BEBERAPA TAHAP
PERSYARATAN YANG HARUS DILALUI DAN DIPENUHI. ADAPUN TAHAP2 PENAWARAN EFEK DI
PASAR PERDANA SEBAGAI BERIKUT :
1.
PENGUMUMAN
DAN PENDISTRIBUSIAN PROSPEKTUS
PENGUMUMAN DAN
PENDISTRIBUSIAN PROSPEKTUS KEPADA CALON PEMINAT DIMAKSUDKAN AGAR CALON PEMBELI
MENGETAHUI KEHENDAK EMITEN DAN MEMPELAJARI TAWARAN DARI EMITENDARI PROSPEKTUS
YANG DISEBARLUASKAN. INFORMASI YANG HARUS ADA
DALAM PROSPEKTUS MINIMUM ADALAH SEBAGI BERIKUT :
-
TUJUAN PENAWARAN UMUM
-
SUSUNAN DIREKSI DAN KOMISARIS
-
MASA PENAWARAN
-
TANGGAL PENJATAHAN
-
TANGGGAL PENGEMBALIAN
-
TANGGAL PENCATATAN DI BURSA
-
HARGA SAHAM ATAU OBLIGASI
-
PENJAMIN EMISI
-
LAPORAN KEUANGAN RINGKAS
-
BIDANG USAHA EMITEN
-
NOMOR DAN TANGGAL EMISI
-
STRUKTUR PERMODALAN EMITEN
2. MASA PENAWARAN
MASA PENAWARAN DILAKUKAN
SETELAH PENYEBARLUASAN PROSPEKTUS. JANGKA WAKTU MINIMUM 3 HARI KERJA DAN JANGKA
WAKTU ANTARA PEMBERIAN IJIN EMISI DENGAN PADA SAAT PENCATATAN DI BURSA DITETAPKAN MAKSIMUM 90 HARI. INVESTOR
YANG AKAN MEMESAN EFEK DILAKUKAN PADA MASA PENAWARAN DENGAN CARA MENGISI
FORMULIR PESANAN YANG TELAH DISEDIAKAN. FORMULIR PESANAN JUGA HENDAKNYA MEMUAT INFORMASI YANG JELAS TENTANG
:
-
HARGA SAHAM/OBLIGASI
-
JUMLAH SAHAM ATAU OBLIGASI YANG
DIPESAN
-
IDENTITAS PEMESAN
-
TANGGAL PENJATAHAN DAN PENGEMBALIAN
DANA JUMLAH UANG YANG DIBAYARKAN
-
AGEN PENJUAL YANG DIHUBUNGI
-
TATA CARA PEMESANAN
3.
MASA PENJATAHAN
JIKA SEMUA PESANAN TELAH
DILAKUKAN MAKA LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH MELAKUKAN PENJATAHAN. PENJATAHAN
DILAKUKAN APABILA JUMLAH YANG DIPESAN OLEH INVESTOR MELEBIHI JUMLAH YANG
DISEDIAKAN EMITEN. MASA PENJATAHAN DIHITUNG 12 HARI KERJA SETELAH MULAI
BERAKHIRNYA MASA PENAWARAN
4.
MASA
PENGEMBALIAN
APABILA JUMLAH YANG
DIPESAN OLEH INVESTOR TIDAK DAPAT DIPENUHI, MAKA EMITEN HARUS MENGEMBALIKAN
DANA YANG TIDAK DAPAT DIPENUHINYA. BATAS WAKTU MAKSIMAL 4 HARI TERHITUNG MULAI
BERAKHIRNYA MASA PENJETAHAN
5.
PENYERAHAN
EFEK
BAGI INVESTOR YANG SUDAH
MEMPEROLEH KEPASTIAN MEMPEROLEH EFEK MAKA TINGGGAL MENUNGGU PENYERAHAN EFEK.
PENYERAHAN EFEK DILAKUKAN OLEH PENJAMIN EMISI SESUAI PESANAN INVESTOR MELALUI
AGEN PENJUAL. MAKSIMUM MASA PENYERAHAN EFEK 12 HARI KERJA TERHITUNG MULAI
TANGGAL BERAKHIRNYA MASA PENJATAHAN
6. PENCATATAN EFEK DI BURSA
SETELAH SEMUA PROSES
DILAKUKAN MAKA EFEK DICATAT DI BURSA
EFEK. PENCATATAN EFEK MERUPAKAN PROSES PROSES AKHIR EMISI EFEK DI PASAR PERDANA
DAN SECARA RESMI DAPAT DIPERDAGANGKAN DI PASAR SEKUNDER
7. PASAR SEKUNDER (SPASAR MODAL
YAITU SUATU TEMPAT
BERTEMUNYA PARA PENJUAL DAN PEMBELI UNTUK MELAKUKAN TRANSAKSI DALAM RANGKA
MEMPEROLEH MODAL.
PENJUAL = EMITEN
PEMBELI = INVESTOR
MENGANALISA
MODAL JANGKA PANJANG
INSTRUMEN PASAR MODAL
= BARANG YANG DIPERJUAL
BELIKAN DI PASAR MODAL.
JENIS INSTRUMEN PASAR MODAL :
1.
SAHAM
(STOCKS)
= SURAT BERHARGA YANG BERSIFAT KEPEMILIKAN.
PEMILIK SAHAM MERUPAKAN PEMILIK PSH ----- KEUNTUNGAN
JENIS-JENIS SAHAM :
A. DARI
SEGI CARA PERALIHAN
-
SAHAM ATAS UNJUK (BEARER STOCK),
MERUPAKAN SAHAM YANG TIDAK MEMPUNYAI NAMA ATAU TIDAK TERTULIS NAMA PEMILIK
DALAM SAHAM TERSEBUT
-
SAHAM ATAS NAMA (REGISTERED STOCKS),
DIDALAM SAHAM TERTULIS NAMA PEMILIK SAHAM TERSEBUT.
B. DARI
SEGI HAK TAGIH
-
SAHAM PREFEREN (PREFERED STOCKS),
MERUPAKAN SAHAM YNAG MEMPEROLEH HAK UTAMA DALAM DEVIDEN DAN HARTA APBL PSH
DILIKUIDASI
-
SAHAM BIASA (COMMON STOCKS),
MERUPAKAN SAHAM YANG TIDAK MEMPEROLEH HAK UTAMA DALAM DEVIDEN DA HARTA APABILA
PSH DILIKUIDASI.
2.
OBLIGASI
(BONDS)
MERUPAKAN
INSTRUMEN HUTANG BAGI PSH YANG AKAN MEMPEROLEH MODAL. TIDAK MEMPUNYAI HAK
TERHADAP MANAJEMEN PERUSAHAAN.
JENIS-JENIS OBLIGASI :
A. DITINJAU
DARI SEGI HAK TAGIH
-
OBLIGASI ATAS UNJUK (BEARER BONDS)
-
OBLIGASI ATAS NAMA (REGISTERED BONDS)
B. DITINJAU
DARI SEGI JAMINAN YANG DIBERIKAN ATAU HAK KLAIM
-
OBLIGASI DENGAN JAMINAN (SECURED
BONDS), MERUPAKAN OBLIGASI YANG DIJAMIN DENGAN JAMINAN TERTENTU A.L. OBLIGAASI
DENGAN JAMINAN HARTA, DENGAN JAMINAN PERALATAN, DLL.
-
OBLIGASI TANPA JAMINAN (UNSECURED
BONDS), HANYA BERBENTUK KEPERCAYAAN ------ PEMERINTAH
C. DITINJAU
DARI SEGI CARA PENETAPAN DAN PEMBAYARAN BUNGA DAN POKOK
-
OBLIGASI DENGAN BUNGA TETAP
-
OBLIGASI DENGAN BUNGA TIDAK TETAP
-
OBLIGASI TANPA BUNGA
D. DITINJAU
DARI SEGI PENERBIT
-
PEMERINTAH
-
SWASTA
E. DITINJAU
DARI SEGI JATUH TEMPO
-
JANGKA PENDEK
-
JANGKA MENENGAH
-
JANGKA PANJANG
-
PEMAIN UTAMA
-
LEMBAGA PENUNJAN
PEMAIN UTAMA :
1. EMITEN
PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN
PENJUALAN SURAT2 BERHARGA ATAU MELAKUKAN EMISI DI BURSA ------ PILIH 2 INSTRUMEN PASAR MODAL.
TUJUAN MELAKUKAN EMISI :
A. UNTUK
PERLUASAN USAHA, DENGAN MODAL YANG DIPEROLEH DIGUNAKAN UNTUK MEMPERLUAS BIDANG
USAHA, PERLUASAN PASAR ATAU KAPASITAS PRODUKSI
B. UNTUK
MEMPERBAIKI STRUKTUR MODAL, BERTUJUAN UNTUK MENYEIMBANGKAN ANTARA MODAL SENDIRI
DENGAN MODAL ASING
C. UNTUK
MENGADAKAN PENGALIHAN PEMEGANG SAHAM----- DARI PEMEGANG SAHAM LAMA KE PEMEGANG
SAHAM BARU
2. INVESTOR
PEMODAL/INVESTOR AKAN
MENANAMKAN MODALNYA DI PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN EMISI
TUJUAN UTAMA PARA INVESTOR
DALAM PASAR MODAL :
A. MEMPEROLEH
DEVIDEN
B. KEPEMILIKAN
PERUSAHAAN
C. BERDAGANG
LEMBAGA PENUNJANG
A.
PENJAMIN
EMISI (UNDERWRITER)
MERUPAKAN LEMBAGA YANG
MENJAMIN TERJUALNYA SAHAM ATAU OBLIGASI SAMPAI BATAS WAKTU TERTENTU.
PENJAMIN EMISI DIBAGI KE
DALAM BEBERAPA JENIS, A.L. :
-
FULL COMMITMENT (KESANGGUPAN PENUH),
PENJAMIN EMISI MENGAMBIL SELURUH RESIKO TIDAK TERJUALNYA SAHAM ATAU OBLIGASI
PADA BATAS WAKTU YANG TELAH DITENTUKAN SESUAI DENGAN HARGA PENAWARAN DI PASAR
-
BEST EFFORT COMMITMENT (KESANGGUPAN
TERBAIK), PENJAMIN EMISI BERUSAHA UNTUK MENJUAL SAHAM ATAU OBLIGASI, APABILA
TIDAK LAKU DIKEMBALIKAN KEPADA EMITEN
-
STANDBY COMMITMENT (KESANGGUPAN
SIAGA), APABILA SAHAM/OBLIGASI TIDAK LAKU MAKA PENJAMIN EMISI BERSEDIA MEMBELI
DENGAN KETENTUAN HARGA YANG DIBELI DIBAWAH HARGA PENAWARAN DI PASAR
B. PERANTARA PERDAGANGAN EFEK
(BROKER/PIALANG), MENJADI PERANTARA DALAM JUAL BELI EFEK, YAITU ANTARA PENJUAL
(EMITEN) DAN PEMBELI (INVESTOR)
C.
PERDAGANGAN
EFEK (DEALER)
-
PEDAGANG DALAM JUAL BELI EFEK
-
PERANTARA DALAM JUAL BELI EFEK
D. PENANGGUNG (GUARANTOR), ADALAH PIHAK YANG
MENANGGUNG PEMBAYARAN KEMBALI JUMLAH POKOK + BUNGA OBLIGASI DALAM HAL EMITEN
TIDAK MEMENUI JANJI KEPADA INVESTOR
E. WALI AMANAT (TRUSTEE), DIPERLUKAN PADA EMISI
OBLIGASI KARENA WALI AMANAT AKAN BERTINDAK SEBAGAI PIHAK YANG DIPERCAYA UNTUK
MEWAKILI KEPENTINGAN PARA INVESTOR----FEE
-
MENILAI KAKAYAAN EMITEN
-
PENGAWASAN PERKEMBANGAN EMITEN
-
MEMONITOR PEMBAYARAN BUNGA + POKOK,
DLL
F. PERUSAHAAN SURAT
BERHARGA (SECURITIES COMPANY), PERUSAHAAN YANG MENGKHUSUSKAN DIRI DALAM PERDAGANGAN
SURAT2 BERHARGA YANG TERCATAT DI BURSA
EFEK. KEGIATAN PERUSAHAAN SURAT
BERHARGA, MELIPUTI :
-
SEBAGAI PEDAGANG EFEK
-
PENJAMIN EMISI
-
PERANTARA PERDAGANGAN EFEK
-
PENGELOLA DANA
G. PERUSAHAAN PENGELOLA DANA (INVESTMENT
COMPANY), YAITU PERUSAHAAN YANG KEGIATANNYA MENGELOLA
SURAT2 BERHARGA YANG AKAN MENGUNTUNGKAN SESUAI DENGAN KEINGINAN INVESTOR
H. KANTOR ADMINISTRASI EFEK, MERUPAKAN KANTOR YANG
MEMBANTU PARA EMITEN DAN INVESTOR DALAM RANGKA
MEMPERLANCAR ADMINISTRASINYA :
-
MELAKSANAKAN KEGIATAN MENYIMPAN DAN
MENGALIHKAN HAK ATAS SAHAM PARA INVESTOR
-
MEMBANTU MENYUSUN DAFTAR PEMEGANG
SAHAM
-
MEMBANTU MENYUSUN DAFTAR PEMEGANG
SAHAM
-
MEMPERSIAPKAN KORESPONDEN EMITEN
KEPADA PARA PEMEGANG SAHAM
-
MEMBUAT LAPORAN-LAPORAN YANG
DIPERLUKAN
LEMBAGA YANG TERLIBAT DI PASAR MODAL
LEMBAGA –LEMBAGA YANG
BERKECIMPUNG DI PASAR MODAL TERDIRI DARI BERBAGAI PERUSAHAAN YANG SALING
MEMBUTUHKAN. LEMBAGA2 INI YANG MENGATUR MEKANISME KERJA PASAR MODAL SEHINGGA
DAPAT BERJALAN SECARA BAIK. LEMBAGA TSB TERDIRI DARI LEMBAGA PEMERINTAH DAN
LEMBAGA SWASTA DI MANA JASA MASING2 LEMBAGA MEMPUNYAI PERANAN MASING2 MULAI
DARI PERUSAHAAN YANG AKAN GO PUBLIK SAMPAI SELESAI GO PUBLIK.
LEMBAGA
TERKAIT DENGAN PASAR MODAL TERDIRI DARI LEMBAGA PEMERINTAH DAN LEMBAGA SWASTA,
YAITU :
1. LEMBAGA-LEMBAGA PEMERINTAH
MERUPAKAN LEMBAGA ATAU BADAN PEMERINTAH YANG DITUGASKAN
UNTUK MENDUKUNG DAN MEMPERLANCAR PROSES PERDAGANGAN EFEK DI PASAR MODAL MULAI
DARI RENCANA EMISI SAMPAI KEPADA PENJUALAN EFEKNYA. LEMBAGA2 PEMERINTAH YANG
TERKAIT DENGAN KEGIATAN DI PASAR MODAL TERSEBUT ADALAH :
A.
BADAN
PENGAWAS PASAR MODAL (BAPEPAM)
MERUPAKAN LEMBAGA PENGATUR
PASAR MODAL YANG BERTUGAS MENGATUR DAN MELAKSANAKAN PASAR MODAL DI INDONESIA .
TUGAS BAPEPAM SEBAGAI PENGATUR PASAR MODAL ANTARA LAIN :
-
MEMBINA PASAR MODAL
-
MENGATUR PASAR MODAL
-
MENGAWASI KEGIATAN-KEGIATAN YANG
TERLIBAT DI PASAR MODAL.
B.
BADAN
KOORDINASI PENANAMAN MODAL (BKPM)
SETIAP PERUSAHAAN YANG
AKAN MENANAMKAN MODALNYA DI INDONESIA
BAIK PMDN MAUPUN PMA HARUS MEMPEROLEH IJIN DARI BKPM TERLEBIH DULU. IJIN AKAN
DIBERIKAN BKPM SETELAH MEMENUHI BERBAGAI PERSYARATAN YANG DITETAPKAN BAGI
PERUSAHAAN YANG AKAN MELAKUKAN GO PUBLIK. IJIN PENANAMAN MODAL HARUS
DIKELUARKAN OLEH BKPM YANG MEMUAT ANTARA LAIN :
-
KOMPOSISI DAN JUMLAH DANA INVESTASI
-
BESARNYA MODAL DASAR PERUSAHAAN
-
BATAS WAKTU PENYETORAN MODAL
-
KOMPOSISI PEMEGANG SAHAM
C.
DEPARTEMEN
TEKNIS
SETIAP BIDANG USAHA
IJINNYA AKAN DIKELUARKAN OLEH DEPARTEMEN YANG MEMBAWAHINYA. SEBAGAI CONTOH
UNTUK USAHA PERTAMBANGAN, MAKA IJIN USAHANYA HARUS DIKELUARKAN OLEH DEPARTEMEN
PERTAMBANGAN DAN ENERGI. ADAPUN IJIN USAHA YANG DIKELUARKAN OLEH DEPARTEMEN
UNTUK BIDANG USAHANYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
-
IJIN USAHA BIDANG KEUANGAN DAN PERBANKAN
DARI DEPARTEMEN KEUANGAN MELALUI BANK INDONESIA
-
IJIN USAHA BIDANG PENGANGKUTAN DARI
DEPARTEMEN PERHUBUNGAN
-
IJIN USAHA BIDANG PERDAGANGAN DARI
DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
-
IJIN USAHA BIDANG PERKEBUNAN DAN
PETERNAHAN DARI DEPARTEMEN PERTANIAN
-
IJIN USAHA BIDANG PARIWISATA DARI
DEPARTEMEN POS DAN TELEKOMUNIKASI
D. DEPARTEMEN
KEHAKIMAN
BAGI PERUSAHAAN YANG
BERBENTUK PERSEROAN TERBATAS, SEBELUM DIDIRIKAN MAKA ANGGARAN DASAR PERUSAHAAN
TERLEBIH DULU HARUS DISAHKAN OLEH DEPARTEMEN KEHAKIMAN. ANGGARAN DASAR INI
SEBELUMNYA DIBUAT DI DEPAN NOTARIS KEMUDIAN DIDAFTARKAN DI PENGADILAN NEGERI
SETEMPAT UNTUK KEMUDIAN DISAHKAN OLEH DEPARTEMEN KEHAKIMAN DAN DIBERITAKAN
DALAM LEMBARAN BERITA NEGARA.
ADAPUN TUGAS DEPARTEMEN KEHAKIMAN ADALAH :
A.
MENGESAHKAN
ANGGARAN DASAR PERUSAHAAN DENGAN MEMPERHATIKAN HAL-HAL YANG MENYANGKUT SBB :
-
JUMLAH MODAL DAN KOMPOSISINYA
-
JUMLAH MODAL YANG TELAH DISETOR
-
SUSUNAN DEWAN DIREKSI
-
JUMLAH DEWAN KOMISARIS DAN WEWENANG
MASING-MASING
-
PELAKSANAAN RUPS
B.
SETIAP PERUBAHAN
ANGGARAN DASAR HARUS DIKETAHUI DAN DISETUJUI OLEH DEPARTEMEN KEHAKIMAN
2. LEMBAGA-LEMBAGA SWATA
LEMBAGA SWASTA YANG
MEMPUNYAI KAITAN ERAT DENGAN PASAR MODAL ANTARA LAIN :
A.
NOTARIS
RENCANA UNTUK MENJUAL
SAHAM ATAU OBLIGASI DI PASAR MODAL TERLEBIH DULU DIBICARAKAN DAN DISETUJUI
DALAM RUPS. DALAM RUPS HARUS DICATAT DAN AGAR PENCATATANNYA DIANGGAP SAH MAKA
DIPERLUKAN JASA NOTARIS UNTUK MENGESAHKAN ACARA RUPS. CATATAN2 YANG PERLU
DISAHKAN OLEH NOTARIS ANTARA LAIN :
-
MEMBUAT BERITA ACARA RUPS
-
MENYUSUN SETIAP KEPUTUSAN DALAM RUPS
-
MENELITI KEABSAHAN YANG BERKAITAN
DENGAN PENYELENGGARAAN RUPS SEPERTI KEABSAHAN PERSIAPAN RUPS, KEABSAHAN PARA PEMEGANG SAHAM
-
MENELITI PERUBAHAN ANGGARAN
B.
AKUNTAN
PUBLIK
PERANAN AKUNTAN PUBLIK
DIBUTUHKAN UNTUK MELAKUKAN PENILAIAN DAN MENENTUKAN KELAYAKAN DARI LAPORAN
KEUANGAN SEPERTI NERACA, LAPORAN RUGI /LABA DAN LAPORAN PERUBAHAN MODAL EMITEN.
SETELAH
MELALUI BEBERAPA PENILAIAN TERHADAP LAPORAN KEUANGAN EMITEN, MAKA AKUNTAN
PUBLIK AKAN MENGELUARKAN PERNYATAAN ATAU PENDAPAT TERHADAP HASIL PENILAIAN YANG
TELAH DILAKUKANNYA. PENDAPAT YANG
DIKELUARKAN OLEH AKUNTAN PUBLIK ADALAH :
1. WAJAR
TANPA SYARAT (UNQUALIFIED OPINION),
PENDAPAT INI DIKELUARKAN APABILA LAPORAN KEUANGAN DISUSUN SESUAI DENGAN
PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI INDONESIA (PAI) TANPA ADA SESUATU CATATAN ATAU KEKURANGAN
2. PENDAPAT
KUALIFIKASI (QUALIFIED OPINION),
PENDAPAT WAJAR DENGAN KUALIFIKASI ATAS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN TERSEBUT
DIKARENAKAN TIDAK SESUAI DENGAN PAI.
3. PENDAPAT
TIDAK SETUJU (ADVERSE), TIDAK SETUJU
ATAS PENYUSUSNAN LAPORAN KEUANGAN YANG
TELAH DISUSUN
4. MENOLAK
(DECLINE OF OPINION), MENOLAK
MEMBERIKAN PENDAPAT SECARA PROFESIONAL
C.
KONSULTAN
HUKUM
KONSULTAN HUKUM BERTUGAS
MEMBERIKAN PERNYATAAN2 TENTANG KEABSAHAN DARI DOKUMEN2 YANG DIAJUKAN. TUGAS PARA KONSULTAN HUKUM ADALAH MENELITI SECARA SUNGGUH2
DOKUMEN2 YANG DIPERSYARATKAN.
HAL YANG PERLU
MENDAPAT PENELITIAN DAN PERNYATAAN DARI KONSULTAN HUKUM HARUSLAH MELIPUTI :
-
AKTE PENDIRIAN DAN ANGGARAN
PERUSAHAAN BESERTA PERUBAHANNYA JIKA ADA
-
PENYERTAAN MODAL OLEH PEMEGANG SAHAM
SEBELUM GO PUBLIK
-
PENILAIAN IJIN USAHA
-
STATUS KEPEMILIKAN DARI AKTIVA
PERUSAHAAN
-
PERJANJIAN YANG TELAH DIBUAT DENGAN
PIHAK KETIGA JIKA ADA
-
KEMUNGKINAN ADA GUGATAN ATAU TUNTUTAN
D. PENILAI (APPRAISER)
UNTUK MENILAI KEWAJARAN DARI NILAI SUATU AKTIVA SEPERTI TANAH, MESIN2,
GEDUNG, MOBIL DAN AKTIVA LAINNYA DIPERLUKAN JASA PENILAI YANG PROFESIONAL.
PENILAI AKAN MENILAI BERAPA NILAI YANG WAJAR SEKARANG INI DAN SETELAH DILAKUKAN
REVALUASI SEHINGGA SELURUH NILAI AKTIVA DAPAT DIKETAHUI SECARA JELAS DAN BENAR.
E. KONSULTAN EFEK
KONSULTAN EFEK BERTUGAS
MEMBERIKAN PENDAPAT TENTANG KEUANGAN DAN
MANAJEMEN EMITEN. KONSULTAN EFEK AKAN
MEMBERIKAN KONSULTASI TENTANG :
-
JENIS DANA YANG DIPERLUKAN
-
PEMILIHAN SUMBER DANA YANG DIINGINKAN
-
STRUKTUR PERMODALAN YANG TEPAT
PROSEDUR EMISI
BAGI PERUSAHAAN YANG AKAN
MELAKUKAN EMISI BAIK SAHAM MAUPUN OBLIGASI DI PASAR MODAL HARUS MEMENUHI
PERSAYARATAN DAN PROSEDUR YANG BERLAKU YANG TELAH DITETAPKAN DI PASAR MODAL.
MULAI DARI PERSYARTAN EMISI SAMPAI KE TANGAN INVESTOR. KEMUDIAN DILANJUTKAN
DENGAN PENJUALAN DAN PEMBELIAN SAHAM DAN OBLIGASI DI PASAR PERDANA (PRIMER)
SAMPAI DI PASAR SEKUNDER.
ADAPUN
PROSEDUR DAN TAHAPAN EMISI ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
1.
TAHAPAN
EMISI
A.
TAHAP
PERSIAPAN
TAHAP PERTAMA
BAGI PERUSAHAAN YANG AKAN MENCARI MODAL DI PASAR MODAL ADALAH MELAKUKAN RUPS.
DI DALAM RUPS YANG DIHADIRI OLEH PARA PEMEGANG
SAHAM AKAN DIBICARAKAN ANTARA LAIN :
-
TUJUAN MENCARI MODAL DI PASAR MODAL
-
JENIS MODAL YANG DIINGINKAN
-
JUMLAH MODAL YANG DIBUTUHKAN
-
DAN LAIN-LAIN YANG BERKAITAN DENGAN
EMISI
B. PENYAMPAIAN LETTER
OF INTENT
HASIL RAPAT YANG TELAH
DISETUJUI DALAM RUPS DITUANGKAN DALAM SURAT .
KEMUDIAN DIAJUKAN KE BAPEPAM SEBAGAI WUJUD AKAN MENERBITKAN EFEK DI PASAR MODAL
PENYAMPAIAN LETTER OF INTENT MELIPUTI :
-
PERNYATAAN UNTUK EMISI
-
JENIS EFEK
-
NOMINAL EFEK
-
WAKTU EMISI
-
TUJUAN DAN PENGGUNAAAN DANA EMISI
-
DATA-DATA MENGENAI PERUSAHAAN
-
NAMA DAN ALAMAT BANK YANG MENJADI
RELASI, NOTARIS, AKUNTAN DAN PENASEHAT HUKUM
C. PENYAMPAIAN PERNNYATAAN PENDAFTARAN
LANGKAH SELANJUTNYA
SETELAH PENYAMPAIAN LETTER OF INTENT ADALAH PENYAMPAIAN PERNYATAAN PENDAFTARAN
YANG MEMUAT INFORMASI2 ANTARA LAIN :
- DATA TENTANG MANAJEMEN
DAN KOMISARIS
- DATA TENTANG STRUKTUR
MODAL
- KEGIATAN USAHA EMITEN
- RENCANA EMISI
- PENJAMIN PELAKSANA EMISI
D. EVALUASI OLEH BAPEPAM
APABILA SELURUH DOKUMEN
YANG DIPERSYARATKAN TELAH DIPENUHI MAKA BAPEPAM AKAN MELAKUKAN EVALUASI
TERHADAP DOKUMEN2 YANG TELAH DISAMPAIKAN. EVALUASI OLEH BAPEPAM MELIPUTI
KELENGKAPAN DOKUMEN. KELENGKAPAN DOKUMEN HARUS ADA DAN DIKATAKAN LENGKAP ANTARA LAIN
MELIPUTI :
-
PERNYATAAN PENDAFTARAN
-
ANGGARAN DASAR PERUSAHAAN
-
LAPORAN KEUANGAN
-
JENIS SURAT PERJANJIANYANG TELAH DIBUAT DENGAN
PENJAMIN EMISI , DEALER, WALI AMANAT, PENANGGUNG DAN PERJANJIAN LAINNYA
-
SURAT PENDAPAT DARI SEGI HUKUM
-
LAPORAN DARI PERUSAHAAN PENILAI
-
JADWAL WAKTU EMISI DARI PENJAMIN EMISI
-
LAPORAN HASIL EVALUASI YANG
DILAKSANAKAN OLEH PENJAMIN EMISI
-
SURAT PERNYATAAN DARI AKUNTAN (COMFORT LETTER)
-
SURAT PERNYATAAN DARI MANAJEMEN
-
DRAFT PROSPEKTUS
PENELAAHAN DOOKUMEN ANTARA
LAIN :
-
TERHDAP LAPORAN KEUANGAN
-
TERHADAP COMFORT LETTER
-
TERHADAP SELURUH BENTUK DAN ISI
DOKUMEN LAINNYA
KHUSUS UNTUK
PROSPEKTUS PENELAAHAN HARUS MELIPUTI KELENGKAPAN INFORMASI YANG AKAN DIBERIKAN
KEPADA MASYARAKAT UMUM. INFORMASI YANG HARUS ADA DI DALAMNYA ANTARA LAIN :
-
PENJELASAN UMUM MENGENAI PENAWARAN
SAHAM ATAU OBLIGASI
-
TUJUAN PENAWARAN UMUM
-
RENCANA PENGGUNAAN DANA
-
SEJARAH PERUSAHAAN
-
USAHA2 PERUSAHAAN
-
PROSPEK USAHA
-
FAKTOR2 RESIKO USAHA
-
IKHTISAR KEUANGAN PERUSAHAAN
-
STRUKTUR PERMODALAN
-
KEBIJAKAN DEVIDEN
-
PENGURUS DAN PENGAWAS
-
PANJAMIN EMISI
-
LEMBAGA2 PENUNJANG
-
LAPORAN DARI PARA
PENILAI
-
PENDAPAT DARI SEGI HUKUM
-
LAPORAN AKUNTAN PUBLIK
-
ANGGARAN DASAR PERSEROAN
-
PERSYARATAN PEMESANAN
-
MASALAH PERPAJAKAN
-
PENYEBARLUASAN PROSPEKTUS
-
FORMULIR PEMESANAN
JIKA SUDAH MEMENUHI
PERSYARATAN MAKA DIAJUKAN KE LANGKAH SELANJUTNYA, NAMUN APABILA BELUM MAKA
DIMINTA UNTUK MELENGKAPINYA ATAU DAPAT PULA DITOLAK APABILA TIDAK SESUAI DENGAN
PERATURAN YANG BERLAKU
E. DENGAR PENDAPAT TERBUKA
SETELAH SEMUA PERSYARATAN
DILENGKAPI OLEH PERUSAHAAN YANG AKAN MELAKUKAN EMISI MAKA LANGKAH SELANJUTNYA
ADALAH MENGADAKAN DEBAT TERBUKA. DEBAT TERBUKA DIIKUTI OLEH :
-
BAPEPAM
-
PERUSAHAAN YANG BERSANGKUTAN
-
SERTA LEMBAGA2 TERKAIT LAINNYA
TUJUAN DEBAT TERBUKA
ADALAH UNTUK MEDAPATKAN INFORMASI LANGSUNG DARI PIHAK YANG AKAN MELAKUKAN
EMISI.
2.
PERSYARATAN
EMISI
IJIN REGISTRASI DAN
LISTING DIBERIKAN OLEH BAPEPAM SETELAH SETELAH MEMENUHI PERSYARATAN YANG TELAH
DITETAPKAN SEBELUMNYA. SETELAH REGISTRASI DI BAPEPAM, EMITEN HARUS LISTING DI BURSA PALING LAMBAT 90
HARI SETELAH IJINREGISTRASI DIKELUARKAN
F. PASAR PERDANA (PRIMARY
MARKET)
PENAWARAN EFEK SETELAH
PEMBERIAN IJIN EMISI SAMPAI DENGAN PENCATATAN DI BURSA DISEBUT [ASAR PERDANA (PRIMARY MARKET)
PENAWARAN EFEK DI PASAR PERDANA MEMILIKI BEBERAPA TAHAP
PERSYARATAN YANG HARUS DILALUI DAN DIPENUHI. ADAPUN TAHAP2 PENAWARAN EFEK DI
PASAR PERDANA SEBAGAI BERIKUT :
1.
PENGUMUMAN
DAN PENDISTRIBUSIAN PROSPEKTUS
PENGUMUMAN DAN
PENDISTRIBUSIAN PROSPEKTUS KEPADA CALON PEMINAT DIMAKSUDKAN AGAR CALON PEMBELI
MENGETAHUI KEHENDAK EMITEN DAN MEMPELAJARI TAWARAN DARI EMITENDARI PROSPEKTUS
YANG DISEBARLUASKAN. INFORMASI YANG HARUS ADA
DALAM PROSPEKTUS MINIMUM ADALAH SEBAGI BERIKUT :
-
TUJUAN PENAWARAN UMUM
-
SUSUNAN DIREKSI DAN KOMISARIS
-
MASA PENAWARAN
-
TANGGAL PENJATAHAN
-
TANGGGAL PENGEMBALIAN
-
TANGGAL PENCATATAN DI BURSA
-
HARGA SAHAM ATAU OBLIGASI
-
PENJAMIN EMISI
-
LAPORAN KEUANGAN RINGKAS
-
BIDANG USAHA EMITEN
-
NOMOR DAN TANGGAL EMISI
-
STRUKTUR PERMODALAN EMITEN
2. MASA PENAWARAN
MASA PENAWARAN DILAKUKAN
SETELAH PENYEBARLUASAN PROSPEKTUS. JANGKA WAKTU MINIMUM 3 HARI KERJA DAN JANGKA
WAKTU ANTARA PEMBERIAN IJIN EMISI DENGAN PADA SAAT PENCATATAN DI BURSA DITETAPKAN MAKSIMUM 90 HARI. INVESTOR
YANG AKAN MEMESAN EFEK DILAKUKAN PADA MASA PENAWARAN DENGAN CARA MENGISI
FORMULIR PESANAN YANG TELAH DISEDIAKAN. FORMULIR PESANAN JUGA HENDAKNYA MEMUAT INFORMASI YANG JELAS TENTANG
:
-
HARGA SAHAM/OBLIGASI
-
JUMLAH SAHAM ATAU OBLIGASI YANG
DIPESAN
-
IDENTITAS PEMESAN
-
TANGGAL PENJATAHAN DAN PENGEMBALIAN
DANA JUMLAH UANG YANG DIBAYARKAN
-
AGEN PENJUAL YANG DIHUBUNGI
-
TATA CARA PEMESANAN
3.
MASA PENJATAHAN
JIKA SEMUA PESANAN TELAH
DILAKUKAN MAKA LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH MELAKUKAN PENJATAHAN. PENJATAHAN
DILAKUKAN APABILA JUMLAH YANG DIPESAN OLEH INVESTOR MELEBIHI JUMLAH YANG
DISEDIAKAN EMITEN. MASA PENJATAHAN DIHITUNG 12 HARI KERJA SETELAH MULAI
BERAKHIRNYA MASA PENAWARAN
4.
MASA
PENGEMBALIAN
APABILA JUMLAH YANG
DIPESAN OLEH INVESTOR TIDAK DAPAT DIPENUHI, MAKA EMITEN HARUS MENGEMBALIKAN
DANA YANG TIDAK DAPAT DIPENUHINYA. BATAS WAKTU MAKSIMAL 4 HARI TERHITUNG MULAI
BERAKHIRNYA MASA PENJETAHAN
5.
PENYERAHAN
EFEK
BAGI INVESTOR YANG SUDAH
MEMPEROLEH KEPASTIAN MEMPEROLEH EFEK MAKA TINGGGAL MENUNGGU PENYERAHAN EFEK.
PENYERAHAN EFEK DILAKUKAN OLEH PENJAMIN EMISI SESUAI PESANAN INVESTOR MELALUI
AGEN PENJUAL. MAKSIMUM MASA PENYERAHAN EFEK 12 HARI KERJA TERHITUNG MULAI
TANGGAL BERAKHIRNYA MASA PENJATAHAN
6. PENCATATAN EFEK DI BURSA
SETELAH SEMUA PROSES
DILAKUKAN MAKA EFEK DICATAT DI BURSA
EFEK. PENCATATAN EFEK MERUPAKAN PROSES PROSES AKHIR EMISI EFEK DI PASAR PERDANA
DAN SECARA RESMI DAPAT DIPERDAGANGKAN DI PASAR SEKUNDER
7. PASAR SEKUNDER (SECONDARY MARKET)
PASAR SEKUNDER DIMULAI
SETELAH BERAKHIRNYA MASA PENCATATAN DI PASAR PERDANA. DALAM PASAR SEKUNDER
PERDAGANGAN EFEK TERJADI ANTARA PEMEGANG SAHAM DENGAN CALON PEMEGANG SAHAM.
UANG YANG DIPUTAR DI PASAR SEKUNDER TIDAK LAGI MASUK KE PERUSAHAAN YANG MENERBITKAN
EFEK AKAN TETAPI BERPINDAHTANGAN DARI SATU PEMEGANG KE PEMEGANG SAHAM YANG
LAIN.
BAGI PEMEGANG SAHAM YANG TUJUAN UTAMANYA ADALAH UNTUK
BERDAGANG, MAKA BEGITU BERAKHIRNYA PASAR PERDANA DAN DIBUKANYA PASAR SEKUNDER
DAPAT MENJUAL KKEMBALI SAHAMNYA APABILA HARGA MENINGKAT.
ECONDARY MARKET)
PASAR SEKUNDER DIMULAI
SETELAH BERAKHIRNYA MASA PENCATATAN DI PASAR PERDANA. DALAM PASAR SEKUNDER
PERDAGANGAN EFEK TERJADI ANTARA PEMEGANG SAHAM DENGAN CALON PEMEGANG SAHAM.
UANG YANG DIPUTAR DI PASAR SEKUNDER TIDAK LAGI MASUK KE PERUSAHAAN YANG MENERBITKAN
EFEK AKAN TETAPI BERPINDAHTANGAN DARI SATU PEMEGANG KE PEMEGANG SAHAM YANG
LAIN.
BAGI PEMEGANG SAHAM YANG TUJUAN UTAMANYA ADALAH UNTUK
BERDAGANG, MAKA BEGITU BERAKHIRNYA PASAR PERDANA DAN DIBUKANYA PASAR SEKUNDER
DAPAT MENJUAL KKEMBALI SAHAMNYA APABILA HARGA MENINGKAT.