Wednesday, 13 August 2014

kenapa saya tidak terhubung dengan internet ?

Mengapa saya tidak dapat menghubungkan ke jaringan?
Banyak variabel yang terlibat ketika Anda terhubung ke jaringan: kabel, adapter jaringan, driver, router, dan banyak lagi. Jadi masalah koneksi jaringan tips dapat menantang. Artikel ini dapat membantu Anda menemukan dan memperbaiki masalah dengan kabel (Ethernet) dan nirkabel (Wi-Fi) koneksi jaringan. Beberapa masalah umum yang dapat menyebabkan masalah adalah:
  • Sebuah switch adaptor jaringan nirkabel dimatikan
  • Mode pesawat diaktifkan
  • Kabel terputus atau tersambung benar
  • WEP, WPA, atau kunci keamanan WPA2 salah atau passphrase
  • Update Hilang
  • Pengaturan koneksi jaringan yang salah
  • Driver rusak atau tidak kompatibel
  • Hardware atau perangkat lunak masalah
Ikuti langkah-langkah di bagian ini nomor untuk mencoba memecahkan masalah, dan mencoba menghubungkan setelah masing-masing. Jika masalah masih terjadi, lanjutkan ke bagian bernomor berikutnya.
1 Gunakan troubleshooter otomatis
Sebuah troubleshooter otomatis dapat menemukan dan secara otomatis memperbaiki beberapa masalah jaringan umum. Jalankan troubleshooter jaringan pertama, dan kemudian menguji jaringan atau koneksi internet untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki.
Tampilkan semua
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk membuka troubleshooter Jaringan
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk membuka Koneksi Internet troubleshooter
Jika Anda tidak dapat terhubung ke Internet atau mendapatkan ke dalam website tertentu, mungkin ada masalah dengan koneksi internet Anda. Coba gunakan Koneksi Internet troubleshooter untuk memperbaiki masalah.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk membuka Network Adapter troubleshooter
Mungkin ada masalah dengan adaptor jaringan PC Anda. Coba menggunakan Network Adapter troubleshooter untuk memperbaiki masalah.
Bagian atas halaman
2 Tinjau solusi yang disarankan
Jika menjalankan troubleshooter tidak memecahkan masalah, mencari masalah dan solusi yang sesuai pada tabel berikut.
Masalah
Solusi yang mungkin
Saya tidak dapat menghubungkan ke jaringan rumah.
Jika menjalankan troubleshooter jaringan tidak membantu, berikut adalah beberapa hal lain untuk memeriksa:
  • Pastikan router dan modem dihidupkan.
  • Jika Anda menggunakan koneksi kabel, pastikan jaringan (Ethernet) kabel dimasukkan ke dalam kartu jaringan pada PC Anda. Setiap ujung kabel jaringan terlihat seperti ini:
Keterangan: Sebuah jaringan (Ethernet) kabel Jaringan (Ethernet) kabel
  • Jika Anda menggunakan koneksi kabel, pastikan kabel jaringan tidak rusak. Anda dapat menguji ini dengan menggunakan kabel yang berbeda yang Anda tahu sudah benar.
  • Pastikan kabel terhubung ke port yang benar pada router. Seharusnya tidak terhubung ke "uplink," "Internet," atau "port WAN". Selain itu, beberapa router menonaktifkan port sebelah uplink, Internet, atau port WAN, jadi cobalah menggunakan satu yang berbeda.
  • Jika PC Anda memiliki adaptor jaringan nirkabel, Windows secara otomatis akan mendeteksi jaringan nirkabel yang berada di dekatnya.Untuk melihat daftar jaringan nirkabel yang Windows telah mendeteksi, geser dari tepi kanan layar (jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan atas layar dan memindahkan pointer mouse ke bawah), tekan atau klik Pengaturan, dan kemudian tekan atau klik ikon jaringan Keterangan: Ikon jaringan nirkabel . Jika Windows tidak mendeteksi jaringan yang anda anggap di berbagai PC Anda, lihat Mengapa saya tidak dapat menemukan jaringan nirkabel?
  • Banyak laptop dan tablet memiliki tombol nirkabel di depan atau samping PC. Jika PC Anda memiliki switch, pastikan itu dihidupkan. Beberapa PC juga menggunakan kombinasi tombol fungsi untuk mengaktifkan saklar on atau off. Periksa informasi yang datang dengan PC Anda untuk rincian tentang cara mencari saklar nirkabel.
  • Membuat komunikasi nirkabel yakin diaktifkan.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs 
 Untuk mengaktifkan komunikasi nirkabel
    1. Geser dari tepi kanan layar, ketuk, lalu ketuk Ubah pengaturan PC. 
      (Jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan atas layar, gerakkan mouse pointer ke bawah, klik Settings, dan kemudian klik Ubah pengaturan PC.)
    2. Tekan atau klik Wireless, dan kemudian pastikan Airplane mode diatur ke Off dan perangkat nirkabel Anda diatur ke Aktif.
  • Gunakan Device Manager untuk memverifikasi bahwa kartu jaringan Anda bekerja dengan benar.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk memeriksa adaptor jaringan Anda
    1.  Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.hh_ppeic Tekan atau klik untuk membuka Device Manager. Keterangan: Administrator izin yang diperlukan Anda mungkin akan diminta untuk sandi admin atau untuk mengkonfirmasi pilihan Anda.
    2. Ketuk dua kali atau dua kali Jaringan adapter, tekan dan tahan atau klik kanan adaptor Anda, dan kemudian tekan atau klik Properties.
    3. Di bawah Status perangkat, memeriksa untuk melihat bahwa perangkat tersebut bekerja dengan benar.
  • Sopir adapter jaringan mungkin tidak bekerja dengan benar. Download dan menginstal versi terbaru dari driver dari situs web produsen.
  • Menghapus cache DNS resolver.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk menghapus cache DNS resolver
    1.  Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.hh_ppeic Tekan atau klik untuk membuka Command Prompt.
    2. Masukkan ipconfig / flushdns, kemudian tekan Enter.
  • Untuk informasi lanjut tentang pemecahan masalah jaringan nirkabel, kunjungi situs web Microsoft dan mencari "Panduan Dukungan untuk Diagnostik Wireless dan Pemecahan Masalah."
Koneksi nirkabel saya tidak tersambung ketika PC saya resume dari tidur atau hibernasi.
Ada dua kemungkinan penyebab:
  • Autoconnect dimatikan untuk jaringan ini. Lain kali Anda terhubung ke jaringan, pilih Connect otomatis kotak centang.
  • Ketika keluar dari tidur atau hibernasi, koneksi jaringan nirkabel Anda mungkin tidak menyambung kembali jika opsi daya pada adaptor nirkabel Anda diatur ke mode hemat daya. Berikut adalah cara untuk memeriksa atau mengubah pilihan kekuatan Anda saat ini.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk memeriksa atau mengubah pilihan kekuatan
    1.  Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.hh_ppeic Tekan atau klik untuk membuka Power Options.
    2. Di samping rencana daya yang sedang dipilih, ketuk atau klik Ubah pengaturan rencana, dan kemudian tekan atau klik Ubah pengaturan daya maju.
    3. Ketuk dua kali atau klik ganda bagian Wireless Adapter Settings, lalu ketuk dua kali atau klik dua kali bagian Power Saving Mode.
    4. Jika pengaturan saat ini apa pun selain Maximum Performance, ketuk atau klik, kemudian pilih Maximum Performance.
Keterangan: Catatan
Catatan
Anda juga dapat mengatur pengaturan baterai Aktif untuk Kinerja Maksimum.
Saya harus mencari kunci keamanan jaringan saya.
Jika PC Anda sudah terhubung ke jaringan, dan Anda sedang mencari kunci keamanan sehingga orang lain dapat terhubung ke jaringan, Anda dapat menemukannya dalam pengaturan jaringan Anda.
Sembunyikan semua
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk menemukan kunci keamanan jaringan Anda dalam pengaturan jaringan Anda
  1. Geser dari tepi kanan layar, lalu ketuk Pengaturan. 
    (Jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan atas layar, memindahkan pointer mouse ke bawah, dan kemudian klik Pengaturan.)
  2. Tekan atau klik ikon jaringan ( Keterangan: Ikon jaringan nirkabel atau Keterangan: Ikon jaringan kabel ).
  3. Tekan dan tahan atau klik kanan nama jaringan, ketuk atau klik View properti koneksi, dan kemudian tekan atau klik tab Security.
  4. Pilih kotak centang Tampilkan karakter.
Jika Anda sedang mencari kunci keamanan sehingga Anda dapat terhubung ke jaringan, cek pertama untuk sebuah tombol pada router. Jika Anda menemukan sebuah tombol, tekan dan melihat apakah router secara otomatis menambahkan PC ke jaringan. Beberapa produsen router nirkabel mengatur kunci standar keamanan yang Anda mungkin dapat menemukan pada stiker di dokumentasi atau di bagian bawah router. Jika Anda masih tidak dapat menemukannya, Anda dapat membuka halaman web nirkabel pengaturan router. Di sinilah kunci keamanan sudah diatur atau secara otomatis.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk menemukan kunci keamanan jaringan Anda pada halaman web pengaturan router Anda
  1. Hubungkan PC Anda ke router menggunakan jaringan (Ethernet) kabel.
  2. Buka browser web dan masukkan alamat IP untuk router nirkabel Anda ke dalam kotak pencarian (misalnya, 192.168.1.1 atau 172.16.0.0). Anda dapat menemukan alamat IP default di dokumentasi yang menyertai router Anda.
  3. Masukkan nama pengguna dan password untuk mengakses halaman web pengaturan router. Sebagian besar dokumentasi router berisi nama pengguna dan password default.
  4. Pada halaman web pengaturan router, mencari pilihan nirkabel atau pengaturan nirkabel. Tergantung pada produsen router, mungkin ini tab, ikon, atau pilihan dalam task pane.
  5. Pada halaman pengaturan nirkabel, mencari keamanan atau pengaturan enkripsi nirkabel. Kunci keamanan (kadang-kadang disebut kunci jaringan, kata sandi, atau password jaringan) harus tercantum di dekatnya.
Keterangan: Catatan
Catatan
Produsen router yang berbeda memiliki halaman pengaturan yang berbeda. Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturan router, hubungi produsen router.
Aku harus masuk kembali kunci jaringan saya.
Anda perlu menghapus profil jaringan, dan kemudian kembali ke jaringan.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk menghapus profil jaringan dan menyambung kembali ke jaringan
  1. Geser dari tepi kanan layar, lalu ketuk Pengaturan. 
    (Jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan atas layar, memindahkan pointer mouse ke bawah, dan kemudian klik Pengaturan.)
  2. Tekan atau klik ikon jaringan ( Keterangan: Ikon jaringan nirkabel atau Keterangan: Ikon jaringan kabel ).
  3. Tekan dan tahan atau klik kanan nama jaringan, lalu ketuk atau klik Lupakan jaringan ini.
  4. Tekan atau klik nama jaringan yang ingin Anda hubungi, dan kemudian ketuk atau klik Connect.
  5. Masukkan kembali tombol jaringan ketika Anda diminta.
Windows laporan bahwa koneksi saya adalah "Limited."
Ini berarti PC sudah berhasil tersambung ke router, tapi PC tidak diberi alamat IP yang valid, sehingga Anda tidak bisa benar-benar mendapatkan ke Internet. Jika Anda terhubung ke jaringan rumah, coba restart router. Jika Anda terhubung ke jaringan domain atau jaringan publik, hubungi dukungan teknis untuk jaringan tersebut.
Bagian atas halaman
3 Periksa perangkat keras Anda
Banyak masalah koneksi jaringan disebabkan oleh hardware yang tidak diatur dengan benar. Berikut beberapa informasi tentang bagaimana untuk memeriksa kabel Anda, cek atau reset modem Anda, dan memeriksa masalah dengan adaptor jaringan Anda.
Periksa switch nirkabel (jaringan nirkabel)
Jika Anda menggunakan tablet atau laptop, pastikan saklar adaptor jaringan atau tombol diaktifkan. Banyak laptop memiliki tombol fisik di suatu tempat di atas, depan, atau samping yang mengubah adapter jaringan atau menonaktifkan. Biasanya ada lampu indikator pada laptop yang menunjukkan jika adaptor jaringan nirkabel diaktifkan. Tablet terkadang memiliki sebuah tombol yang mengendalikan ini, dengan atau tanpa lampu indikator.
Pastikan semua kabel terhubung dengan benar
Kabel jaringan longgar atau terputus, DSL atau kabel koneksi, kabel telepon, kabel USB, atau kabel listrik dapat menyebabkan jaringan atau koneksi internet masalah. Periksa semua koneksi ini untuk memastikan mereka terhubung dengan benar. Bagian ini terutama berlaku untuk jaringan kabel, tetapi jika Anda mencoba untuk terhubung secara nirkabel ke jaringan rumah nirkabel Anda sendiri, Anda harus memeriksa modem dan kabel untuk modem seperti dijelaskan di bawah.
Sembunyikan semua
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk memeriksa koneksi Internet DSL
  1. Periksa saluran telepon yang membentang dari jack telepon ke port saluran telepon pada modem DSL.
  1. Periksa kabel jaringan yang berjalan dari koneksi internet pada modem DSL untuk kartu jaringan pada PC Anda.
  1. Pastikan modem DSL tersambung ke stopkontak dan dihidupkan.
  1. Untuk menghindari koneksi internet turun, pastikan semua telepon yang terhubung ke saluran yang sama dengan modem DSL yang terhubung ke filter saluran telepon DSL.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk memeriksa koneksi kabel Internet
  1. Periksa kabel coaxial yang membentang dari dinding ke modem kabel Anda.
  1. Periksa kabel jaringan yang berjalan dari modem kabel ke adaptor jaringan pada PC Anda.
  1. Pastikan modem dicolokkan ke stopkontak dan dihidupkan.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk memeriksa koneksi Internet dial-up
  1. Periksa saluran telepon yang membentang dari dinding ke port telepon pada modem PC Anda.
  1. Pastikan panggilan tunggu dimatikan pada saluran telepon Anda ketika Anda terhubung ke Internet, sehingga panggilan masuk tidak memutuskan koneksi internet.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk memeriksa adapter jaringan USB
Jika kabel yang menghubungkan modem eksternal untuk PC Anda adalah kabel USB, Anda harus melakukan beberapa pemeriksaan tambahan. Kabel USB memiliki konektor yang berbeda pada setiap akhir. Salah satu ujung datar dan persegi panjang, dan ujung lainnya memiliki konektor persegi dengan sudut pada dua sudut. Untuk memeriksa koneksi USB, ikuti langkah berikut:
  1. Jika modem terpasang ke PC dengan menggunakan hub USB, coba untuk memotong hub USB dengan mencolokkan kabel dari modem langsung ke salah satu port USB pada PC Anda.
  1. Jika modem dicolokkan ke salah satu port di bagian depan PC desktop, coba hubungkan kabel USB ke salah satu port di bagian belakang PC sebagai gantinya. Beberapa PC tidak menyediakan daya yang cukup untuk port USB depan. Hal ini dapat menciptakan masalah dengan sambungan ke modem.
Jika youâ € ™ kembali mengalami kesulitan menentukan cara yang benar untuk menyambungkan kabel, periksa dokumentasi yang disertakan dengan modem, adapter jaringan, atau PC. Jika Anda membuat penyesuaian untuk koneksi kabel, tes untuk koneksi internet sebelum pergi ke langkah berikutnya. Untuk menguji koneksi Internet, buka browser Anda dan mencoba untuk mengakses situs Web yang Anda tahu ada.
Periksa lampu indikator pada modem Anda
Periksa lampu indikator pada perangkat modem atau koneksi Internet Anda (ini bisa menjadi modem, modem dan router nirkabel, atau perangkat router-modem gabungan). Sebagian besar perangkat ini memiliki lampu indikator yang berlabel "link Broadband," "Internet," "Online," atau sesuatu yang serupa yang menunjukkan koneksi ke Internet. Jika Anda tidak yakin, lihat dokumentasi yang disertakan dengan perangkat.
Keterangan: A typical kabel modem (kiri) dan modem DSL (kanan) Sebuah khas kabel modem (kiri) dan modem DSL (kanan)
Restart modem
Untuk memperbarui pengaturan pada modem atau router, restart modem. Hal ini menciptakan koneksi baru ke penyedia layanan Internet (ISP). Gunakan salah satu metode berikut untuk me-restart modem, mengikuti langkah-langkah untuk jenis modem.
Sembunyikan semua
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk me-restart modem eksternal
  1. Lepaskan kabel yang menghubungkan PC atau router ke modem. Hal ini dapat berupa kabel USB atau jaringan (Ethernet) kabel.
  1. Matikan modem menggunakan saklar daya di bagian depan atau belakang modem. Jika modem tidak memiliki switch daya, cabut kabel listrik dari bagian belakang modem, atau cabut dari dinding.
Beberapa modem memiliki baterai cadangan yang mencegah lampu dari keluar. Untuk jenis modem, tekan dan lepaskan dengan cepat tombol reset. Jika Anda tidak melihat tombol reset, keluarkan baterai sebagai gantinya.
  1. Tunggu beberapa menit, kemudian hidupkan modem dan menyambungkan kembali kabel dari PC atau router ke modem.
  1. Restart PC Anda dengan menggesekkan di dari tepi kanan layar, dan kemudian menekan Settings. 
    (Jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan atas layar, memindahkan pointer mouse ke bawah, dan kemudian klik Pengaturan.)
  1. Tekan atau klik Power, dan kemudian pilih Restart.
  1. Menguji koneksi Anda untuk melihat apakah Anda dapat mengakses Internet.
Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.expcol_imgs Untuk me-restart modem internal
  1. Restart PC Anda dengan menggesekkan di dari tepi kanan layar, dan kemudian menekan Settings. 
    (Jika Anda menggunakan mouse, arahkan ke sudut kanan atas layar, memindahkan pointer mouse ke bawah, dan kemudian klik Pengaturan.)
  1. Tekan atau klik Power, dan kemudian pilih Restart.
Pastikan kartu jaringan Anda bekerja
Gunakan Device Manager untuk memverifikasi bahwa kartu jaringan Anda bekerja dengan benar.
Untuk memeriksa adaptor jaringan
  1.  Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.hh_ppeic Tekan atau klik untuk membuka Device Manager. Keterangan: Administrator izin yang diperlukan Anda mungkin akan diminta untuk sandi admin atau untuk mengkonfirmasi pilihan Anda.
  1. Ketuk dua kali atau dua kali Jaringan adapter, tekan dan tahan atau klik kanan adaptor Anda, dan kemudian tekan atau klik Properties.
  1. Di bawah Status perangkat, memeriksa untuk melihat bahwa perangkat tersebut bekerja dengan benar.
  1. Jika adapter jaringan dinonaktifkan, ketuk atau klik Aktifkan Perangkat untuk mengaktifkannya.
Keterangan: Catatan
Catatan
Jika adapter jaringan tidak bekerja dengan benar, Anda mungkin perlu men-download dan menginstal driver terbaru untuk itu. (Jika Anda menerima disk instalasi dengan adaptor jaringan atau dengan PC Anda, pengemudi juga mungkin pada disk.)
Jika Anda masih mengalami masalah menemukan driver terbaru untuk perangkat Anda, pergi ke "Untuk men-download dan menginstal driver" dalam "Update driver" bagian dari artikel ini.
  1. Untuk info lebih lanjut tentang memperbaiki masalah konektivitas jaringan, lihat Bagaimana cara memperbaiki masalah adapter jaringan?
Pastikan adaptor jaringan yang benar sedang digunakan
Beberapa PC mungkin memiliki beberapa adapter jaringan. Misalnya, jika Anda membeli PC desktop baru dan Anda upgrade ke adapter jaringan yang berbeda, Anda kemungkinan besar memiliki adaptor jaringan built-in dan adapter jaringan dimasukkan ke slot yang tersedia di PC. Anda dapat memverifikasi ini dengan mencari dua port jaringan pada bagian belakang PC Anda (port jaringan terlihat seperti jack telepon besar). Laptop biasanya memiliki hanya satu port jaringan kecuali youâ € ™ kembali menggunakan adaptor jaringan USB.
Untuk mengatur adapter jaringan default
  1. Jika adaptor jaringan yang benar terdaftar sebagai orang cacat, tekan dan tahan atau klik kanan, kemudian tekan atau klik Aktifkan.
  1. Jika adapter jaringan yang salah terdaftar sebagai default, tekan dan tahan atau klik kanan perangkat yang benar, kemudian tekan atau klik Ditetapkan sebagai Default Connection.
  1. Tutup kotak dialog koneksi jaringan, dan kemudian menguji untuk koneksi jaringan.
Bagian atas halaman
4. Update driver
Sebuah driver adaptor jaringan adalah perangkat lunak yang digunakan oleh PC Anda untuk berkomunikasi dengan adaptor jaringan nirkabel Anda. Usang, tidak kompatibel, atau rusak driver jaringan adaptor dapat mencegah koneksi jaringan atau menyebabkan pemutusan berselang.
Jika Anda baru saja upgrade dari satu versi Windows yang lain, mungkin saja saat ini driver adaptor jaringan dirancang untuk versi Windows sebelumnya. Jika Anda sudah padam baru listrik, virus, atau masalah PC lainnya, itu mungkin bahwa driver menjadi rusak. Men-download dan menginstal driver adaptor jaringan terbaru dapat membantu mengatasi jenis masalah.
Untuk men-download dan menginstal driver
Jika PC Anda tidak dapat terhubung ke Internet, Anda harus men-download driver secara manual pada PC yang berbeda dan menyimpan pengemudi untuk USB flash drive sehingga Anda dapat menginstalnya pada PC Anda.
Update driver sering tersedia di situs web adaptor produsen. Untuk menemukan driver, cari pabrik dan model nama atau nomor adaptor jaringan Anda, dan kemudian pergi ke Produsen Komputer 'Informasi Kontak situs. Setelah Anda menemukan produsen Anda, pergi ke situs web untuk mencari dan men-download driver terbaru untuk adaptor jaringan Anda.
Jika Anda menemukan update driver, ikuti petunjuk instalasi pada situs web. Kebanyakan driver menginstal automaticallyâ € "setelah Anda men-download mereka, Anda biasanya hanya ketuk dua kali atau double-klik file tersebut untuk memulai instalasi, dan kemudian pengemudi menginstal sendiri pada PC Anda.
Beberapa adapter jaringan memiliki driver yang Anda perlukan untuk menginstal diri sendiri. Berikut adalah cara untuk men-download driver yang tidak terinstal secara otomatis.
  1.  Keterangan: mshelp: // Bantuan / id = Microsoft.Windows.Resources.Images.hh_ppeic Tekan atau klik untuk membuka Device Manager. Keterangan: Administrator izin yang diperlukan Anda mungkin akan diminta untuk sandi admin atau untuk mengkonfirmasi pilihan Anda.
  1. Ketuk dua kali atau dua kali Jaringan adapter, tekan dan tahan atau klik kanan adaptor Anda, dan kemudian tekan atau klik Properties.
  1. Ketuk dua kali atau klik dua kali nama perangkat.
  1. Ketuk atau klik tab Driver, ketuk atau klik Update Driver, lalu ikuti petunjuk. Keterangan: Administrator izin yang diperlukan Anda mungkin akan diminta untuk sandi admin atau untuk mengkonfirmasi pilihan Anda.
Untuk informasi tentang adapter jaringan yang kompatibel dengan Windows, kunjungi situs web Windows dan mencari "Windows Kompatibilitas Center."